• Oktober
    Vol 5 No 2 (2012)

    ENGINEERING

    JuRNAL BIDANG TEKNIK

    Jurnal Engineering terbit berdasarkan SK Dekan FT UPS Tegal

    Nomor : 933/SK/E.7//FT-UPS/VI/2010 terbit pertama kali tahun 2010 dengan frekuensi terbit 2 kali setahun pada bulan Oktober dan April

    Pelindung

    Prof. Dr. Wahyono, S.H, M.S

    Penasehat

    Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Pd

    Dra. Sri Murdiati, M.Si

    Fajar Adi Sadewo, S.H,M.H

    Mustaqim, S.T, M.Eng

    Dr. Dino Rozano, M.Pd

    Ketua

    Saufik Luthfianto,S.T, M.T

    Sekretaris

    Siswiyanti,ST,MT

    Penyuting Ahli

    Ir.Hj. Zulfah, M.M

    Ir. Tofik Hidayat, M.Eng

    Agus Wibowo, S.T, M.T

    Redaksi Pelaksana

    Ahmad Farid, S.T, M.T

    M. Fajar Nur Wildan, S.T, M.T

    Eko Budiraharjo, S. Kom

    Staf Sekretariat

    Rusnoto, S.T, M.Eng

    Alamat Penerbit

    Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal

    Jl. Halmahera KM.1 Tegal, Telp. (0283) 342519

    KATA PENGANTAR

    Jurnal Engineering yang merupakan jurnal penelitian dibidang Teknik selalu tampil dengan mengedepankan kualitas tulisan. Terbitnya Jurnal Engineering ini diharapkan kembali menjadi sarana pembelajaran dalam menuangkan gagasan atau ide bagi masyarakat kampus dan masyarakat luas.

    Dalam terbitan jurnal Engineering kali ini menerbitkan penelitian di bidang ilmu Teknik Mesin dan Teknik Industri. Sepuluh tulisan tersebut di bidang Teknik ilmu Teknik Mesin meliputi Analisa Perbandingan Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Antara Pengapian Standar dengan Pengapian Menggunakan Booster pada Mesin Toyota Kijang Seri 7K, Analisis Pengujian Simulator Turbin Air Skala Mikrohidro, Analisa Penggunaan Bahan Aluminium Foil dan Styrofoam pada Penutup Alat Destilasi Terhadap Produksi Air Hasil Destialsi Jenis Basin Solar Still, Sistem Perpindahan Panas Single Basin Solar Still Dengan Memvariasi Sudut Kemiringan Kaca Penutup, Analisa Pengaruh Bahan Bakar Bioethanol E-30 (Bensin 70% - Ethanol 30%), E-50(Bensin 50% - Ethanol 50%), E-100 (Ethanol 100%) Terhadap Daya dan Torsi Mesin 4 Langkah, Pengujian Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Solar Cell Kapasitas 50 WP, Analisis Sifat Mekanik Komposit Serat Tebu Dengan Matrik Resin Epoxy,Analisa Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor 4 Tak Berbahan Bakar Campuran Premium dengan Variasi Penambahan Zat Aditif, Analisis Kinerja Alat Superheater Pada Instalasi Pembangkit Tenaga Uap, Analisis Scaling Ketel Uap Pipa Api Di Industri Tekstil Cirebon dan satu tulisan pada bidang Teknik Ilmu Teknik Industri yaitu Membangun Narasi Skenario Industrialisasi Sampah Organik Menjadi Biogas Di Indonesia.

    Terbitnya Jurnal Engineering ini diharapkan dapat dijadikan sebagai ajang kreasi ilmiah bagi para penulis dan sekaligus untuk menumbuhkembangkan iklim yang kondusif. Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal Engineering ini. Kami mangharapkan masukan dan saran yang membangun demi hasil tulisan yang lebih berkualitas pada penerbitan yang akan datang.

    Redaksi

  • In Press April
    Vol 16 No 1 (2018)
  • Vol 12 No 1 (2016)
    Jurnal Fakultas Teknik
  • April
    Vol 6 No 1 (2013)
  • Oktober
    Vol 9 No 2 (2014)
  • Oktober
    Vol 7 No 2 (2013)
  • April
    Vol 8 No 1 (2014)
  • Vol 18 No 1 (2019)
    In Press April